Cara Masak Daging Kambing Supaya Empuk dan Tidak Bau Prengus

Ciri khas dari daging kambing adalah baunya yang prengus. Aroma inilah yang membuat sebagian orang tidak suka dengan olahan daging kambing. Padahal nilai gizi dalam daging kambing ini sangat banyak. Mulai dari kalori, protein, lemak, zat besi, vitamin B12, fosfor, selenium, magnesium, kalium, dan omega-3. Yang mana nutrisi tersebut bagus untuk tubuh. Seperti membantu memelihara massa otot bagi pria yang ingin mendapatkan tubuh atletis. Daging kambing juga bisa mencegah anemia, menjaga tekanan darah, mencegah disfungsi ereksi dan sebagai sumber energi. Akan tetapi tidak semua orang bisa memakan olahan daging kambing ini. Hal ini dikarenakan mengenai permasalahan kesehatan pada orang tersebut. Memakan olahan daging kambing memang baik, namun jika terlalu banyak tentu tidak baik.

5 Tips Mengolah Daging Kambing yang Enak

Seperti yang diketahui bersama bahwa daging kambing memang memiliki aroma prengus. Tetapi jika pengolahan daging kambing tersebut tepat dan benar, maka kambing akan terasa lezat. Nah berikut ini terdapat beberapa tips memasak daging kambing yang benar supaya tidak berbau prengus.

  1. Jangan Mencuci Daging Kambing

Untuk mengolah bahan makanan pastinya akan mencuci bahan-bahan tersebut bukan? Ini dimaksudkan supaya bahan makanan tersebut bisa bebas dari kotoran atau bakteri. Dengan begitu bahan makanan tersebut menjadi bersih dan sehat, serta membuat makanan yang dibuat menjadi lebih lezat. Tetapi berbeda untuk daging kambing. Jika daging kambing dicuci malah akan membuat bau prengus daging kambing menjadi-jadi. Hal ini karena air cucian mengeluarkan juice dan bau prengus pada daging kambing. Jadi bukan hanya semakin bau saja, tetapi juga akan menjadikan lebih kering. Sebab juice-nya terbuang. Oleh karena itulah, daging kambing tidak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum diolah. Namun jangan khawatir, proses memasak tetap dimatangkan jadi kuman akan mati karena panas.

  1. Menghilangkan Lemak

Cara lain untuk membuat daging kambing tidak bau prengus ketika diolah adalah menghilangkan bagian lemak. Perlu diketahui bahwa aroma prengus ini sebagian besar asalnya dari lapisan lemak yang tertempel pada daging. Untuk menghilangkan lemak yang menempel di daging adalah dengan mengirisnya. Untuk lebih mudahnya adalah mendinginkan daging kambing di dalam lemari es. Apabila lapisan lemak sudah membeku, maka bisa diiris dengan lebih mudah.

  1. Memotong Berlawanan Arah Serat

Kemudian ada cara lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan bau prengus. Yakni dengan memotong kambing berlawanan dengan arah serat. Proses memotong daging yang salah atau tidak berlawanan dengan arah serat bisa membuat kelembapan daging tersimpan lebih lama. Kelembapan daging kambing inilah yang menjadi salah satu penyebab terbesarnya muncul bau prengus.

  1. Menaburkan Garam

Untuk mengurangi kadar kelembapan pada daging kambing pun bisa dengan menambahkan garam ketika marinasi. Selain garam, masih ada bahan lain yang bisa ditambahkan pada saat marinasi. Misalnya menggunakan bumbu atau rempah dengan aroma kuat. Contohnya seperti bawang putih atau ketumbar bubuk. Hal ini akan membantu mengurangi aroma daging kambing. Marinasi daging kambing ini membutuhkan sekitar 2 – 3 jam untuk daging kambing segar agar bau prengus bisa hilang.

  1. Menyimpan di Freezer atau Lemari Es

Tips lain yang bisa membantu mengurangi baru prengus adalah disimpan ke dalam freezer dengan suhu 5°C atau bisa lebih rendah. Umumnya daging kambing bisa bertahan selama 3 – 5 hari pada lemari pendingin. Apabila menginginkan daging kambing bisa tahan selama lebih dari satu bulan. Maka bisa menyimpan daging kambing di freezer dengan suhu beku -15°C atau lebih rendah.

Menu Masakan dari Daging Kambing

Seringkali daging kambing diolah menjadi sate dengan saus kecap atau saus kacang lembut. Untuk proses memasak sate sendiri pun membutuhkan banyak alat dan waktu cukup lama. Tetapi, daging kambing ini bisa dibuat menjadi berbagai olahan selain sate. Apa saja itu? Simak dibawah ini.

  1. Tongseng

Salah satu olahan daging kambing yang cukup terkenal di Indonesia. Tongseng ini dibuat dari potongan daging kambing sampai tengkleng yang dimasak menggunakan santan, kecap dan rempah lainnya. Cita rasa yang ditawarkan oleh tongseng ini gurih dengan sedikit manis, serta memiliki aroma wangi yang membuat ketagihan. Biasanya tongseng disajikan dengan nasi hangat atau lontong. Yang mana bisa dijadikan untuk makan siang atau makan malam.

  1. Gulai

Jika Anda suka dengan sajian olahan bersantan, maka gulai menjadi pilihan tepat. Potongan daging kambing berpadu dengan santan kuning dengan tambahan bawang goreng. Membuat siapa saja yang melihat dan menghirup aroma menjadi lapar. Biasanya gulai disajikan dengan lontong atau nasi hangat. Gulai kambing bisa dibuat dari potongan daging kambing. Tetapi juga dari kikil, jeroan dan tengkleng. Juga bisa ditambahkan cabe rawit utuh untuk menambah rasa pedas.

  1. Iga Bakar Madu

Ingin mencoba makanan yang terlihat mewah? Maka bisa mencoba iga kambing bakar madu ini. Tidak semua iga bakar harus dari iga sapi. Nyatanya iga kambing bakar madu ini bisa menjadi salah satu olahan yang lezat. Untuk mendapatkan iga bakar lembut dan empuk, maka sebelumnya bisa direbus terlebih dahulu dengan rempah sampai matang. Baru setelahnya dibakar kembali. Iga kambing bakar madu ini tidak hanya menyajikan rasa lembut, tetapi juga gurih yang sampai ke dalam daging kambing.

  1. Semur Daging

Bagi Anda yang ingin mencoba olahan daging kambing namun kurang suka dengan aroma prengus, maka bisa mencoba mengolah menjadi semur. Hal ini dikarenakan dalam pengolahan semur ini menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah. Misalnya kecap, kayu manis, cengkeh, pala dan daun salam. Dengan begitu aroma prengus pun bisa tersamarkan. Tidak hanya itu saja, proses memasak pun lama sehingga tekstur daging kambing bisa lembut ketika disantap.

  1. Rica-Rica

Salah satu olahan daging kambing ini menawarkan rasa pedas. Jadi untuk Anda yang suka dengan olahan pedas, maka sangat cocok menjadikan rica-rica ini sebagai menu makan siang. Cara pembuatan rica-rica pun tergolong mudah. Yakni dengan bawang, cabai merah, kunyit dan jahe kemudian dimasukkan potongan daging. Lalu di masak sampai daging menjadi empuk. Untuk membuat rica-rica menjadi lebih beraroma bisa ditambahkan daun jeruk dan serai.

  1. Tumis Goreng Kambing

Olahan yang satu ini menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang tidak ingin repot menyajikan masakan daging kambing. Untuk proses pembuatannya pun mudah. Potongan daging kambing ditumis bersama dengan bawang dan cabe rawit sampai harum. Kemudian dibubuhkan kecap dan masak sampai daging menjadi empuk. Supaya lebih beraroma maka bisa menambahkan serai, lengkuas, dan jeruk. Sajikan tumis dengan taburan daun bawang dan bawang goreng.

  1. Rendang

Selain itu daging kambing juga bisa dijadikan rendang. Meskipun dari daging kambing, rendang ini tetap memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan rendang sapi. Untuk proses membuatnya memang sedikit lama karena harus dimasak sampai benar-benar empuk. Jadi ketika memakan rendang tidak akan alot nantinya.